Kayu jati Belanda punya serat yang bagus dan sangat menonjol, jadi bagus kalau dibikin furniture yang finishingnya natural. Kelemahan kayu jati belanda adalah kurang kuat dan mudah menyusut, jadi kurang ideal kalau dipakai untuk bahan pintu atau laci2.

Jadi kalau pertanyaannya adalah “Apakah kayu jati belanda bagus dibuat furniture?”, maka jawabannya adalah tergantung. Ada kelebihan dan kelemahan kayu jati belanda. Tapi tunggu dulu, sebelum kita bahas lebih jauh, apakah anda tahu kalau kayu jati Belanda itu sama atau sejenis dengan pinus?

Kenalan Sama Kayu Jati Belanda

Okelah, mari kita bahas sedikit tentang asal usul kayu jati Belanda, sebenarnya, kayu jati belanda sama sekali bukan kayu jati, melainkan sejenis kayu pinus atau cemara. Memang tidak sama dengan kayu pinus yang tumbuh di Indonesia, namun marga pohonnya sama.

Kenapa dinamakan kayu jati belanda? karena dulu, kayu ini dipakai untuk palet / box kayu barang2 yang di import dari luar, nah daripada dibuang sayang, maka dibikinlah jadi perabotan termasuk furniture.

Karena dasarnya orang kita gitu ya…apa saja yang dari luar negeri kan disebutnya “londo” atau belanda. Maka kayu pinus tadi pun disebut sebagai kayu jati belanda.

Pada perkembangannya, kayu jati belanda tadi menjadi populer karena seratnya yang bagus dan harganya yang murah, maka bahan baku furniture kayu jati belanda tidak lagi didapat dari bekas palet saja, melainkan sudah import dalam bentuk sawn timber sepert ini.

Kelebihan Kayu Jati Belanda

Oke, mari kita bahas kelebihannya, yang pasti menurut kami, kelebihan utamanya ada tampilan seratnya yang bagus, bahkan iconic. Jadi kalau orang ngomongn serat kayu, bisa jadi yang ada dibayangan adalah serat kayu jati belanda ini.

Kelebihan yang kedua adalah harganya yang murah, memang ini tergantung pembandingnya apa ya, namun secara keseluruhan, kayu pinus tergolong kayu yang murah. Ini karena kayu pinus tumbuhnya cepet dan otomatis lebih cepat panen. Anda tahu kan kalau waktu = uang.

nah, gitulah…

Kelebihan berikutnya adalah kayu jati belanda tahan rayap. properti ini dihasilkan dari kandungan minyak alami kayu pinus yang mampu menolak rayap, atau paling tidak rayap jadi kurang selera lah makan dia.

Kekurangannya

Banyak sih…namun yang paling utama dari sudut pandang kami sebagai produsen furniture jati Jepara adalah kembang susutnya yang amat menjengkelkan. No joke…tapi bener2 irritating!

Gini lho, berdasarkan pengalaman pribadi ini ya, ceritanya kita ada eksperimen mau bikin furniture dengan bahan jati londo ini, saat itu bikin meja tulis pakai laci, lemari pakaian, dan pintu buat kantor workshop. Kita finishing pakai waterbased finish saat itu, buagussss…

Kita bikin dimusim kemarau, semua baik2 saja dan look noice, laci meja tulis lancar2 saja buka tutupnya, pintu lemari dan kantor juga baik2 saja. Secara keseluruhan okelah…

Lalu datanglah musim penghujan, seperti biasa di negara kita kan, kalau hujan pasti lembab dimana2. dan selang beberapa hari, kita mau masuk ke kantor nggak bisa buka pintu karena seret, perlu di dobrak ala pemadam kebakaran baru bisa kebuka. cek laci dan pintu lemari sama…hampir 5 mm mengembangnya!

Kita pakai bahan sawn timber import lho ya, bukan belah log baru, jadi kekeringan kayu sudah maksimal. Namun kembang susutnya tetep luar binasa. Maka experimen pun tidak jadi dilanjutkan ke tahap produksi. Anda pasti gak mau laci atau pintu seret pada furniture anda kan?

Selain kembang susut, kelemahan kayu pinus adalah susah kalau mau di finishing warna solid seperti putih, merah, biru, dll. alasannya karena kandungan minyak alami yang tinggi, menjadikan warna cat jadi aneh, lama kelamaan ada alur minyak yang kelihatan seperti bercak noda.

Susah bukan berarti nggak bisa di cat warna solid ya, namun akan perlu usaha yang ekstra seperti pemakaian epoxy primer yang tidak ekonomis lagi. Tapi hey…ada juga yang melihat sifat ini sebagai aksen lho, istilah mereka “shabby look”, alias barang kumel…okelah.

Kekurangan berikutnya adalah kekuatannya yang kurang, kayu pinus / jati belanda tergolong kayu lunak, jadi tidak cocok digunakan untuk pembuatan konstruksi berat seperti atap rumah atau jembatan misalnya. Bisa sih, tapi ya maksa…

Harga Jati Belanda

Per hari ini, dec 2020, harga kayu pinus sawn timber import di Jepara adalah sekitar 5 juta per meter kubik, kalau kayu jati kurang lebih 15 jutaan, sedangkan kayu mahoni sekitar 10 jutaan, jadi ya jauh banget memang harganya.

Dan harga kayu pinus ini sudah kering lho ya, kalau kayu jati dan mahoni masih semi basah

Jadi, Bagusnya Buat Apa Ya?

Setelah anda tahu sedikit tentang kelebihan dan kekurangan kayu jati belanda ini, pertanyaan selanjutnya adalah bagusnya buat bikin barang apa kayu ini.

Menurut kami, kayu jati londo bisa dibilang bagus dibikin bahan pembuatan furniture asal…hindari furniture yang punya laci dan pintu atau komponen2 bergerak, inget cerita kami diatas? jadi menurut kami bagusnya dibikin barang2 dibawah ini, dengan tips konstruksinya:

  1. Meja makan, tanpa laci ya. top table jangan pakai frame atau blok papan gitu saja untuk menghindari pecah akibat kembang susut. dan top table jangan di lem mati pada frame bawah, lagi…untuk menghindari pecah akibat kembang susut kayu.
  2. Kursi makan, barang ini aman kalau mau pakai bahan jati belanda, namun perhatikan ukuran komponennya ya, jangan kecil2 karena ini kayu lunak. Kalau patah saat makan lucu banget lho…
  3. Aksesories dan pernak pernik kayu, anda coba cari di IG ato pinterest deh, misal stand hape dari kayu, ada buanyak barang cakep2 yang dibikin pakai kayu jati londo ini.
  4. Karena murah, cocok untuk furniture apartemen, atau cafe yang mungkin setahun dua tahun sekali renovasi.

Kesimpulan:

Kayu jati belanda sebenarnya bisa dan bagus kalau mau dibuat jadi furniture, namun anda perlu tahu batasan2 dia. Kayu ini tidak tahan air, jadi jangan dipakai untuk outdoor, Kayu ini suka sekali gerak atau kembang susut, jadi jangan dipakai buat produk yang punya komponen bergerak seperti pintu dan laci. Kayu ini juga punya kandungan minyak alami yang tinggi, jadi jangan di cat putih.

Munkin anda sudah tahu lah gambaran sederhananya tentang kayu ini, atau kalau ada tambahan informasi dan pertanyaan seputar kayu jati belanda, silahkan komentar lho.Terima kasih sudah mampir disini, Your’e awesome!!!