Furniture Jepara Minimalis

Mari kita bicara tentang furniture Jepara minimalis, produk ini adalah salah satu produk yang paling banyak diminta oleh konsumen kami dalam beberapa tahun belakangan ini, dan itu dengan alasan yang bagus.

Permintaan akan furniture design minimalis memang tidak lepas dari trend yang ada di industri furniture Indonesia, yang sedikit banyaknya juga dipengaruhi dari luar negeri juga. Misal dengan kedatangan Ikea di Indonesia yang sedikit banyak cukup mampu menggeser selera pasar menjadi simple minded.

Berbicara tentang simple minded, maksud kami adalah suka barang yang simple2 gak ribet. Ini juga adalah salah satu alasan kenapa permintaan furniture Jepara minimalis begitu banyak pada beberapa tahun belakangan ini. Generasi milenial yang sekarang sudah mulai konsumtif, termasuk untuk furniture, lebih suka barang2 yang simple bentuknya dibanding barang yang mengandung seni seperti ukiran Jepara.

Dan kita semua tahu kalau generasi milenial inilah yang sekarang jadi pasar dominan kan? ini berlaku hampir untuk semua produk.

Furniture design klasik ukiran Jepara memang tidak hilang begitu saja tergerus trend modern minimalis ini, namun memang banyak berdampak pada kondisi industri Jepara pada umumnya.

Hal ini ditandai dengan para pengrajin furniture Jepara yang dulu memproduksi barang2 model klasik ukiran, kini beralih jadi bikin furniture “minimalisan”, ya bagaimana lagi, permintaan pasar yang menuntut begitu, mau tidak mau kita harus bisa melayani pasar kan?

Alasan Beli Furniture Jepara Minimalis

Kalau alasan secara umum, mengapa anda mau membeli furniture model minimalis sudah kami singgung sedikit diatas, yakni trend dan simplicity to use. Namun menurut kami sebagai produsen furniture jati Jepara, ada beberapa alasan lain yang membuat anda mau beli furniture design ini, berikut diantaranya:

  1. Furniture minimalis lebih mudah perawatannya dibanding model ukiran, hal ini bisa jadi poin plus bagi anda yang tidak punya banyak waktu dirumah untuk merawat perabot furniture anda.
  2. Furniture Jepara yang memilki design minimalis lebih mudah di mix and match dengan design lainnya, bahkan dengan model klasik sekalipun selama anda tahu caranya.
  3. Harga furniture minimalis juga relatif lebih terjangkau dibanding model ukiran.

Untuk perawatan furniture Jepara minimalis tidaklah susah, karena bentuknya yang simple, lurus2 saja tanpa lekukan2 atau bagian2 yang ngumpet seperti pada furniture ukiran, lap lembut lembab dengan kemoceng sudahlah cukup untuk perawatan sehari2.

Untuk point no 3, mengenai masalah harga, kita bilang relatif ya, tidak pasti lebih murah dibanding furniture design klasik ukiran. Semua tergantung banyaknya bahan baku yang dipakai serta tingkat kerumitan design furniturenya.

Faktor kualitas bahan baku juga berpengaruh pada harga jual produk, baik model minimalisan maupun ukiran. Ada satu sumber yang cukup bagus yang menjelaskan tentang perbedaan kualitas furniture jepara disini.

Kalau menurut sumber tersebut, Furniture kami masuknya di grade B berarti.

Namun bukan berarti kita tidak melayani pesana furniture grade C atau grade A ya, ini hanya masalah standard yang dipakai di masing2 perusahaan saja kok.

Kenapa Tidak Beli Furniture Minimalis?

Kalau ini sangat subyektif alasannya, yakni selera. Ya memang semua kembali ke selera kita masing2, apakah suka dengan furniture Jepara minimalis atau suka yang klasik.

Sebab pada dasarnya, dari sisi konstruksi dan design dari furniture design minimalis, tidak ada kekurangannya. Bahkan pada beberapa point, kekuatan konstruksi design minimalis lebih baik dibanding design klasik.

Maka dari itu, semua kembali ke selera kita. Namun bicara mengenai selera, kami bagi sudut pandang kami tentang ketidaksukaan kami akan design ini ya, anda boleh setuju dan tentu boleh tidak, ini murni opini saja kok.

Kekurangan furniture Jepara minimalis menurut kami:

  1. Membosankan bentuknya, simple2 saja lurus2 saja, memang ada yang menarik sih, misal design futuristis atau bahkan design scandinavian yang “delicate”, namun pada umumnya, ya gitu2 aja
  2. Jangan berharap dapat kesan mevvah dari furniture minimalis, ini sudah jadi domain nya furniture design klasik.
  3. Mungkin bakal berakhir trend nya, memang tidak semua furniture minimalis itu ngikut trend, yang ikut trend ya ada masa tayangnya.

Ingat, ini hanya opini sepihak ya, boleh setuju boleh tidak. gak boleh emosi 😀

Bahan2 Terbaik Untuk Furniture Minimalis,

Ok, setelah anda tahu kelebihan dan kekurangan dari furniture Jepara minimalis, sekarang kita akan bahas bahan baku pembuatannya. Ini penting bagi anda yang mau punya design spesific dan mau order custom dari suplier.

A. Bahan Kayu

Kita mulai dari kayu, seperti yang kita semua sudah tahu, kalau jepara itu terkenal dengan kayu jati nya. Jadi iya, kayu jati masuk dalam daftar kayu utama untuk pembuatan furniture minimalis.

Kayu jati merupakan pilihan utama untuk pembuatan furniture design minimalis, karena selain serat kayunya yang bagus, kekuatan dan ke awetannya belum tertandingi oleh kayu komersial jenis yang lain.

Namun kayu jati tidak bagus kalau di finishing menggunakan cat warna solid sepert duco, maka dari itu, kalau anda mau furniture Jepara minimalis warna putih, merah, biru dll gitu, kita sarankan untuk paka kayu mahoni sebagai bahan bakunya.

Kayu mahoni cukup kuat kok, dan harganya juga relatif lebih murah dibandingkan kayu jati. Namun karena serat kayunya yang “polos2” saja, kami kurang merekomendasikan kayu mahoni untuk finishing warna natural muda, kalau agak tua dengan sedikit efek antik boleh lah.

Jika anda sedang dalam budget, namun mau beli furniture Jepara minimalis yang punya serat kayu bagus, mungkin kayu mindi bisa jadi pilihan yang tepat.

Kayu mindi banyak juga dipakai di industri furniture jepara, malah kebanyakan larinya ke luar negeri atau untuk pasar eksport. Kayunya tidak sekeras jati atau mahoni, tapi cukup kuat untuk pemakaian sehari2.

Kayu mindi bukanlah bahan baku utama kami, jika anda mau membuat furniture dengan bahan ini, silahkan hubungi kami untuk diskusi teknisnya.

B. Bahan Finishing

Untuk bahan finishing yang dipakai untuk furniture Jepara minimalis diantaranya adalah melamine, NC, waterbased, dan cat duco. Kami jelaskan secara singkat perbedaannya dibawah ini.

  1. Melamine, digunakan untuk finishing warna natural atau kelihatan serat kayu nya. Sifatnya menutup sempurna membentuk lapisan film tebal, bisa high gloss top coatnya. Cocok untuk furniture design modern.
  2. NC, atau nitrocellulose, sama dengan melamine namun dia sifatnya meresap kedalam pori2 kayu, sehingga lapisan finishingnya masih kelihatan alami serat kayu lengkap dengan guratan serat dan pori kayu. Cocok untuk anda yang suka segala hal natural.
  3. Waterbased, finishing ini berbahan dasar air, jadi aman untuk manusia dan tidak berbau menyengat. karakternya meresap jauh kedalam pori2 kayu, jadi hasilnya hampir tidak ada bedanya dengan kayu asli, hanya tetap ter proteksi.
  4. Cat duco, bahan finishing ini banyak dipakai untuk pesanan furniture warna solid seperti putih, biru, kuning, dll, karakternya hampir sama dengan melamine, mungkin karena bahan dasar pembuatannya juga ada yang pake melamine.

Jadi begitu…lagi2 semua kembali ke selera kita masing2, termasuk mengenai masalah finishing untuk furniture Jepara minimalis ini.

C. Kain dan Busa Jok

Kain dan jok untuk furniture model minimalis tersedia dalam beratus pilihan, jujur saja kami tidak bisa merekomendasikan satu brand atau pola untuk anda.

Yang mau kami sampaikan disini adalah anda bisa lho pesan furniture…sofa misalnya, namun kain sofanya dari anda, pengrajin seperti kami tinggal bikin rangkanya dan siapin busanya, jadi anda bisa dapat motif kain yang benar2 sesuai kemauan anda.

Ngomong2 tentang busa jok, kalau di Jepara, ada beberapa pilihan merk busa, namun kami membedakan dari density atau kekerasannya saja. soft, medium, dan rebounded. Untuk furniture yang dipakai dirumah pribadi, kami sarankan untuk pakai busa soft atau medium density, kalau dipakai untuk cafe atau resto misal, pakai rebounded saja biar tidak cepat rusak.

D. Hardware dan Aksesories

Untuk keperluan hardware dan aksesories furniture Jepara minimalis, kami sarankan untuk pakai hardware berbahan stainless atau aluminium, hindari pemakaian kuningan apalagi yang finishingnya antik, kecuali anda tahu apa yang anda lakukan.

Khusus untuk laci dan pintu, pastikan anda mendapat hardware slider laci dan engsel pintu yang berkualitas ya. Jangan yang abal2 tanpa merk karena cepat banget meleyot dan rusak.

Perhatikan Hal2 Ini Sebelum Membeli

Setelah anda tahu beberapa informasi teknis diatas, sekarang anda lebih bisa teliti kalau mau beli furniture design minimalis dari Jepara. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu anda teliti sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

  • Perhatikan ukuran ruangan, sesuaikan furniture yang hendak anda beli dengan ukuran ruangan. Anda nggak mau konyol beli furniture yang gak bisa masuk ke ruangan kan?
  • Sesuaikan design furniture anda dengan design ruangan yang sudah ada. Anda boleh main ekstrim selama anda paham benar dengan yang anda lakukan, kalau tidak, mending main aman saja daripada norak…
  • Budget, sesuaikan dengan kebutuhan anda, jangan terlalu pelit dengan kualitas, namun jangan pula terlalu royal demi gaya, semua harus seimbang. Kita bisa bicara close and personal mengenai masalah ini, supaya aman dan nyaman…
  • Kalau anda mau beli dari Jepara, kalau bisa datanglah langsung untuk bertemu dengan suplier anda, jangan beli kucing dalam karung, semua sama saja “meoooonggg” bunyinya.
  • Kalau memang anda tidak bisa datang langsung ke Jepara, minimal track dulu siapa yang anda hadapi, ada nggak track record yang buruk tentang perusahaan itu di internet, sosmed, atau dimana2.
  • Bersih / tidak ada record di internet bukan berarti bersih dari dosa lho, be smart, be wise.

Jika anda adalah seorang project developer, yang sedang cari furniture Jepara minimalis untuk projeck anda, maka ketemuan adalah wajib hukumnya bagi kedua belah pihak.

Anda sebagai pembeli akan tahu siapa yang membuat pesanan anda, dan bagaimana pesanan anda dibuat. Kami yang sebagai penjual, akan merasa “ayem” karena sudah bertemu dengan pembeli secara langsung.

Furniture Minimalis Custom Order

Melanjutkan point diatas mengenai project developer, custom order adalah istilah yang kami pakai untuk transaksi yang seperti itu, jadi anda pesan barang yang belum ada dipasaran atau masih berupa gambar design.

Custom order ini tidak harus dalam skala besar kok, bahkan pesanan retail pun bisa dilayani disini, namun harganya jelas akan berbeda, bukan masalah apa2, hanya efisiensi produksi saja yang bikin harganya beda.

Untuk melakukan pesanan custom order, akan lebih efisien jika anda sudah punya gambar design sendiri, gambar teknis begitulah kira2, dengan gambar itu, kita berdua bisa punya “patokan” untuk pembuatannya nanti.

Kalau anda tidak punya gambar design, maka gambar referensi pun sudah cukup, namun ada kemungkinan kalau hasil nyatanya beda dengan gambar referensi lho ya, namanya juga kan referensi, bukan photo copy 😉 Gambar referensi bisa berasal dari website ii, maupun dari sumber2 yang lain.

Pinterest bisa jadi tempat cari inspirasi yang bagus lho kalau nyari design baru.

Kalau anda sudah punya gambar design maupun referensi, maka percakapan bisa berlanjut dari situ, harga bisa ditentukan, dan begitu pula mengenai detail2 eksekusi yang lainnya.

Harga Furniture Jepara Minimalis

Baiklah, sekarang kita sudah masuk ke pembahasan harga, furniture Jepara minimalis maupun klasik harganya dpengaruhi 2 faktor utama, yakni bahan baku dan design, kita bahas sedikit lebih detail disini ya.

1. Faktor Bahan Baku

Bahan baku furniture Jepara minimalis seperti kayu, finishing, jok dan aksesories tadi punya kualitas yang beda2. misalnya sama2 kayu jati, namun kayu jati kampung dengan kayu perhutani itu beda kualitasnya lho, lgo diameter kecil dengan diameter besar itu jauh bedanya, mesti sama2 kayu jati.

Begitu juga hardware dan aksesories, satu rel laci bisa berharga 20 ribu, sedangkan merk lain dengan ukuran yang sama bisa dihargai 50 ribu. bedanya adalah pada kualitas produknya, platnya lebih tebel, konstruksi lebih bagus, dan lain2

Finishing juga ikut berpengaruh terhadap harga sebuah furniture Jepara, meskipun tidak banyak, namun lumayan. Misalnya finishing satu kursi pakai bahan melamine itu habis biaya 150.000, namun kalau kita pakai bahan NC bisa mencapai 200 ribu lho, kalau pakai waterbase bisa diharga 90 ribuan saja.

Jadi maksud kami adalah beda kualitas bahan bakunya, beda pula harga jual akhirnya nya. meskipun design dan bentuknya sama.

2. Faktor Design

Seberapa rumit design furniture yang anda mau, seberapa besar ukuran produk, seberapa sulit pembuatannya, hal2 ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi harga sebuah furniture.

Karena faktor2 tersebut, kami tidak jualan dalam satuan meter lari, misal kitchen set per meter nya berapa gitu, sebab ini balik lagi ke faktor kerumitan design tadi. semakin rumit semakin sulit dibuat, semakin lama pembuatannya, semakin banyak resiko error juga, jadinya semakin mahal biayanya.

Faktor design ini hubungannya sama human resources atau tenaga ahli yang mengerjakan produk furniture nya, hal ini bakal terasa banget kalau kita membuat pesana furniture ukiran, karena tukang ukir semakin jarang sekarang…

Harga furniture Jepara minimalis juga dipengaruhi oleh jumlah pesanan anda, seperti yang sudah kita singgung diatas, ini hanya masalah efisiensi produksi saja. Semakin banyak kita bikin sesuatu, maka cost produksinya pun jadi lebih murah per itemnya.

Begitulah…

Kesimpulan

Setelah panjang lebar kita bercerita tentang furniture minimalis, sekarang saatnya kita berikan kesimpulan, menurut kami…furniture design minimalis ini cocoknya untuk anda para muda yang dinamis, yang semua harus serba efisien sampai ke hal bersihin furniture pun harus efisien.

Buat para tua no offense sih, kita lebih cocok kalau pilih furniture yang klasik2 saja, atau paling tidak yang design vintage minimalis lah. Bagaimana menurut anda?

Jika ada pertanyaan seputar produk kami khususnya produk furniture Jepara minimalis, atau anda mau diskusi tentang project furniture anda, silahkan hubungi kami via halaman kontak. Cukup sekian, terima kasih atas kunjungan anda dan salam…